5 Bangunan Bersejarah Indonesia yang Harus Dijaga Kelestariannya


Banyak bangunan bersejarah di Indonesia telah hilang ke zaman, karena mereka terlalu tua dan tidak mendapatkan perawatan yang baik. Bahkan gedung-gedung itu adalah saksi perjuangan bangsa ini, tetapi ada beberapa bangunan yang masih berdiri kokoh dan menjadi ikon daerah atau menjadi tempat wisata yang harus kita kunjungi untuk mengetahui sejarah negara kita.

Benteng Rotterdam
Benteng peninggalan Gowa-Tallo ini terletak di Makassar, ibu kota Sulawesi Selatan. Tepi benteng dibangun pada 1545. Tempat ini berganti nama menjadi Fort Rotterdam ketika Belanda mendudukinya.

Taman Sari
Di dalam Keraton Yogyakarta ada taman yang terbuat dari berbagai bangunan seperti kolam pemandian, jembatan gantung, danau buatan, dan lorong bawah tanah. Taman ini disebut Taman Sari yang merupakan tempat pemandian putri raja di zaman kuno.

Taman Sari
Benteng Vredeburg
Benteng yang memiliki empat sudut menara monitor adalah pusat pertahanan dan pemerintah residen Belanda selama periode kolonial, tetapi sekarang bangunan megah ini adalah museum, yang berada di pusat kota, yaitu titik nol Yogyakarta.

Lawang Sewu
Bangunan yang berlokasi di Semarang juga merupakan kantor pemerintah Belanda selama masa kolonial. Pembangunannya cukup lama, yaitu 3 tahun dari 1904 hingga 1907. Bangunan itu memiliki banyak pintu sehingga disebut Lawang Sewu atau Seribu Pintu.

Menara Jam
Jam Gadang yang merupakan hadiah dari Ratu Belanda kepada Rook Maker, sekretaris kota Bukittinggi pada masa pemerintahan Hindia Belanda selesai tahun 1926 di Sumatra Barat.

This blog is created for your interest and in our interest as well as a website and social media sharing info Interest and Other Entertainment.